Anda bisa menambahkan dapur pada renovasi rumah tipe 21

Rumah tipe 21 banyak diminati oleh masyarakat. Walaupun berukuran kecil, bukan berarti rumah ini tidak nyaman. Dengan sedikit kreativitas dan renovasi, Anda sebenarnya bisa mengubah rumah mungil ini menjadi hunian yang nyaman dan indah. Banyak yang beranggapan bahwa rumah seperti ini sangat sempit. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menambah ruangan di rumah Anda. Berikut ini adalah pertimbangan ruangan-ruangan saat melakukan renovasi.

Menambah Teras

Pada desain rumah tipe 21, fokus penambahan ruangan biasanya pada bagian depan dan bagian belakang. Pada bagian depan, Anda bisa menambahkan teras. Teras atau serambi rumah dapat digunakan untuk bersantai atau menikmati udara di halaman. Dengan adanya, teras, rumah Anda setidaknya akan terlihat lebih luas. Untuk membuat teras, Anda bisa menggunakan tutup atap plat beton. Ini merupakan pemanis sekaligis ciri dari desain rumah minimalis.

Menambah Dapur

Jika di bagian depan Anda bisa menambah teras, maka di bagian belakang Anda bisa menambah dapur. Dapur merupakan ruangan yang penting untuk setiap rumah. Seseorang memerlukan dapur yang nyaman dan memadai agar dapat memasak dengan nyaman. Oleh sebab itu, Anda bisa menambahkan dapur pada renovasi rumah tipe 21.

Menambah Kamar

Selama ini, rumah tipe 21 selalu identik dengan 1 kamar. Sebenarnya, Anda bisa membuat lebih dari satu kamar dengan mengubah sedikit desain rumah ini. Jika ingin menambah ruangan baru atau kamar. Anda bisa lebih fokus pada bagian belakang. Namun, tentu saja kamar yang didapatkan mungkin tidak terlalu luas. Jika ingin lebih luas, Anda tentu harus menggeser dinding. Jika dindingnya terbuat dari papan hal ini masih bisa diatasi. Namun, jika dinding sudah menggunakan batu bata, maka Anda tentu memerlukan biaya renovasi yang lebih besar.

Membuat Tingkat

Rumah tipe 21 hanya terbatas pada luas lahannya. Jika Anda menginginkan rumah ini terasa lebih lega dan luas, Anda bisa merenovasinya menjadi rumah tingkat. Namun, renovasi rumah tipe 21 seperti ini tentu memerlukan biaya yang besar dan perencanaan yang matang. Pasalnya, Anda harus memperkuat pondasi bagian bawah agar mampu menopang tambahan lantai. Jika Anda mengubah rumah Anda menjadi tingkat, tentu saja Anda bisa memiliki beberapa ruangan baru yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda.

Ketika Anda ingin melakukan renovasi rumah tipe 21, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan ahli konstruksi atau arsitek. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan desain terbaik dan hasil yang maksimal dari renovasi tersebut. Tentu sangat disayangkan jika Anda mengeluarkan biaya besar tetapi hasilnya tidak memuaskan. Selain itu, sebaiknya Anda juga menggunakan jasa renovasi rumah yang sudah berpengalaman untuk menjamin kualitas kinerja dan hasil yang diinginkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s